10 Cara Untuk Bisa Lebih Bersyukur (Gratitude) - IndoPositive | Pusat Informasi Psikologi Positif

Breaking

Wednesday, January 30, 2019

10 Cara Untuk Bisa Lebih Bersyukur (Gratitude)



INDOPOSITIVE.orgRobert Emmons, salah seorang peneliti utama dalam Psikologi Positif, khususnya dalam topik syukur, membagikan 10 cara untuk bisa lebih bersyukur. Sejumlah cara itu adalah sebagai berikut:

1. Menulis Jurnal Syukur (Gratitude Journal)

Luangkan dalam sehari untuk mengingat pengalaman anda sendiri perihal menerima hadiah, kenikmatan, keberuntungan, serta hal baik lainnya yang diterima. Menyisihkan waktu setiap hari untuk mengingat hal yang membuat kita merasa bersyukur, entah peristiwa biasa saja atau tentang diri kita, atau orang yang berharga dalam hidup kita, akan mendorong hidup yang lebih penuh rasa syukur lagi.  

2. Mengingat Hal yang Buruk

Untuk bersyukur dalam kondisi Anda saat ini, akan sangat membantu untuk mengingat masa-masa sulit yang pernah Anda alami. Ketika Anda ingat betapa sulitnya kehidupan yang dulu dan seberapa jauh Anda telah berjuang, Anda membuat perbandingan yang jelas dalam pikiran Anda, dan perbandingan ini akan menjadi tanah subur untuk tumbuhnya rasa syukur.

3. Ajukan Tiga Pertanyaan Pada Diri Sendiri

Manfaatkan teknik meditasi yang dikenal dengan sebutan Naikan, teknik yang melibatkan refleksi dengan menggunakan tiga pertanyaan: “Apa yang telah saya terima dari __?”, “Apa yang telah saya berikan kepada __?”, Serta “Masalah dan kesulitan apa yang telah saya sebabkan?”

4. Mempelajari Doa untuk Bersyukur

Dalam banyak tradisi spiritual, doa syukur dianggap sebagai bentuk doa yang paling kuat, karena melalui doa-doa ini orang-orang mengenali sumber utama dari seluruh diri mereka dan semua yang akan terjadi.

5. Cobalah untuk Merasakan

Melalui indera kita — kemampuan untuk menyentuh, melihat, mencium, merasakan, dan mendengar — kita mendapat kenikmatan tentang arti menjadi seorang manusia dan betapa ajaibnya hidup itu. Dilihat dari kacamata rasa terima kasih atau syukur, tubuh manusia tidak hanya merupakan konstruksi yang ajaib, tetapi juga sebagai hadiah.

6. Gunakan Pengingat Visual

Karena dua hambatan utama untuk bersyukur adalah pelupa dan kurangnya kesadaran, pengingat visual dapat berfungsi sebagai isyarat untuk memicu rasa syukur. Sering kali, pengingat visual terbaik adalah orang lain.

7. Buat Sumpah untuk Berlatih Bersyukur

Penelitian menunjukkan bahwa membuat sumpah untuk melakukan suatu perilaku meningkatkan kemungkinan tindakan itu akan dilaksanakan. Karena itu, tuliskan sumpah untuk syukur Anda sendiri, yang sesederhana “Saya bersumpah untuk menghitung kenikmatan saya setiap hari,” dan mencatatnya di suatu tempat di mana Anda akan diingatkan setiap hari.

8. Berhati-hatilah dengan Bahasa

Orang yang bersyukur memiliki gaya linguistik tertentu yang digunakan dalam bahasa hadiah, pemberi, berkat, diberkati, keberuntungan, beruntung, dan berlimpah. Sebagai rasa terima kasih, Anda seharusnya tidak fokus pada seberapa baik Anda secara inheren, tetapi pada hal-hal baik yang secara inheren telah dilakukan orang lain atas diri anda.

9. Lakukan dengan Gerakan

Jika Anda melalui gerakan untuk bersyukur, emosi syukur akan meningkat. Gerakan untuk bersyukur termasuk tersenyum, mengucapkan terima kasih, dan menulis surat terima kasih.

10. Think Outside the Box

Jika Anda ingin memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya untuk melenturkan otot syukur Anda, Anda harus secara kreatif mencari situasi dan keadaan baru untuk merasa bersyukur.

Artikel ini terjemahkan dari bahasa Inggris oleh Tim IndoPositive. Ditulis langsung oleh Robert Emmons melalui greatergood.berkeley.edu.

No comments:

Post a Comment

loading...