Rahasia Agar Resolusi Tahun Depan Lebih Baik dari Sebelumnya - IndoPositive

Breaking

Wednesday, December 19, 2018

Rahasia Agar Resolusi Tahun Depan Lebih Baik dari Sebelumnya



INDOPOSITIVE.org—Kita telah memasuki penghujung tahun dan sedang bersiap menanti tahun baru, dengan harapan yang lebih baik tentunya. Apakah resolusi anda di tahun ini sudah berhasil tercapai? Mungkin beberapa resolusi yang anda buat di tahun kemarin saat ini sudah berhasil anda wujudkan, dan ada pula resoulusi yang belum berhasil, mungkin anda masih butuh usaha tambahan maupun cara baru untuk merealisasikannya.  

Membuat resolusi atau dalam istilah psikologi disebut goals, dapat membantu kita agar usaha yang akan kita lakukan lebih tertata. Sekaligus sejumlah goals itu mampu menjadi pengingat bagi kita. Terlebih saat dalam perjalannya kita menemui berbagai kendala yang membuat kita seakan kehilangan harapan untuk mewujudkannya. Hanya saja, kita tak mengetahui dengan jelas  apa yang menjadi goals sebenarnya. Semakin jelas dan terarah goals tersebut, semakin mudah kita mewujudkannya. Penting juga untuk memahami bagaimana goals memberikan pengaruh bagi kita. Sekaligus melihat apakah hal itu bekerja sebagaimana mestinya.

Anne S. Beauchamp dari University of Kansas melalui buku The Encyclopedia of Positive Psychology mengemukakan bahwa goals yang dimiliki seseorang dapat mendukung kinerja kita melalui empat mekanisme .

Pertama, goals yang kita miliki mampu memberikan petunjuk yang jelas

Kehadiran goals dapat memberi petunjuk mengenai tindakan yang akan kita lakukan dengan cara mengarahkan perhatian dan usaha ke informasi ataupun berbagai kegiatan yang relevan, serta meminimalisir melakukan tindakan yang sebenarnya tak perlu kita lakukan dalam pencapaian goals tersebut.  Mekanisme ini dapat membantu kita meningkatkan efektivitas kinerja karena membantu kita untuk tidak menyia-nyiakan waktu dan usaha pada kegiatan yang tidak penting.

Kedua, goals mampu memberikan energi dalam mewujudkan harapan kita.

Goals sebenarnya mampu menyediakan energi yang lebih bermanfaat dan sesuai fungsinya. Semakin tingginya atau besar goals yang ingin dicapai, maka akan berbanding lurus dengan peningkatan usaha yang akan kita lakukan. Hal tersebut secara tidak langsung mendorong seseorang untuk tetap berusaha dan mewujudkan apa yang diharapkan.

Ketiga, goals mampu meningkatkan ketekunan kita dari waktu ke waktu.

Goals meningkatkan ketekunan dari waktu ke waktu. Ketika dalam perjalannya, bisa saja waktu menjadi kendala yang cukup berarti dalam pencapaian goals, sehingga mekanisme ketiga ini dapat meningkatkan intensitas usaha yang kita lakukan. Ketekunan seseorang yang memiliki goals akan terus berkembang dengan prinsip mekanisme pertama dan kedua yang bekerja.

Dan mekanisme terakhir,

Keempat, goals memberikan kita kemungkinan untuk melakukan berbagai strategi.

Goals membantu pencapaian tujuan dengan memfasilitasi berbagai pengetahuan dan strategi pada berbagai level yang bervariasi. Tiap kali kita menemukan masalah, semangat yang diberikan goals kita akan membuat kita untuk mencari cara agar mampu melewati masalah. Strategi yang kita gunakan kemungkinan akan lebih beragam demi usaha untuk mewujudkan harapan tersebut.

Sekiranya, demikianlah empat mekanisme kerja dari goals. Setelah mengetahui seberapa pentingnya goals, semoga di tahun baru yang akan datang berbagai rencana yang telah digambarkan dapat terealisasi. Dan semoga pencapaian resolusi tahun depan lebih baik dari tahun kemarin.  


Post a Comment
loading...