Mood Anda Adalah Cuaca Hari Ini: 4 Efek Cuaca Bagi Suasana Hati Kita - IndoPositive
Latest Update

Saturday, December 15, 2018

Mood Anda Adalah Cuaca Hari Ini: 4 Efek Cuaca Bagi Suasana Hati Kita



INDOPOSITIVE.org—Bagaimana suasana hati Anda pada saat membaca tulisan ini? Bahagia? Sedih? Atau mungkin sedang kelelahan? Lantas bagaimana cuaca di tempat Anda pada saat membaca tulisan ini? Apakah cukup cerah? Berawan? Berangin? Atau mungkin sedang hujan?

Pernahkah kita memperhatikan tingkah laku orang-orang di lingkungan kita? Bagaimana orang-orang sangat mudah untuk marah dan kesal pada saat cuaca panas dan tidak ada angin yang berhembus? Bagaimana perasaan malas muncul pada saat hari sedang hujan dan cuaca dingin? Serta persaan kita yang lebih senang untuk berjalan kaki pada saat langit sedang berawan dan matahari tidak terik?

Tanpa kita sadari, suasana hati kita hari ini dapat berubah-ubah mengikuti perubahan cuaca. Mood atau suasana hati merupakan keadaan emosional yang dapat dipengaruhi oleh stimulus atau peristiwa tertentu. Cuaca dipercaya mampu mempengaruhi suasana hati orang-orang. Misalnya saja mayoritas orang lebih bersemangat menjalankan aktivitas di hari-hari dengan banyak sinar matahari yang cerah dibandingkan dengan hari-hari gelap, dingin, dan hujan.

Bagaimana cuaca hari ini secara tidak langsung juga berkontribusi mempengaruhi mood kita. Hal ini dibuktikan dengan penelitian terkait emosi yang dilakukan oleh Denissen dan rekannya pada tahun 2008 dengan judul The Effects of Weather on Daily Mood: A Multilevel Approach. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efek dari enam parameter cuaca (suhu, angin, sinar matahari, curah hujan, tekanan udara, dan photoperiod) pada suasana hati (pengaruh positif, pengaruh negatif, dan kelelahan). Penelitian ini melibatkan 1233 orang partisipan dengan usia rata-rata 27 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:

Pertama, efek parameter cuaca yang mempengaruhi mood positif.
Denissen dan rekannya berhasil mengungkapkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari suhu, angin, sinar matahari, curah hujan, tekanan udara, dan fotoperiode pada pengaruh positif.

Kedua, efek parameter cuaca yang mempengaruhi mood negatif.
Efek utama negatif  berasal dari tenaga angin dan sinar matahari. Ternyata angina kencang dan sinar matahari yang berlebihan akan menimbulkan mood negatif pada diri kita

Ketiga, efek parameter cuaca yang mempengaruhi kelelahan.
Pada saat cuaca sangat terik akibat sinar matahari dan terjadi pengendapan menunjukkan hasil signitifikan dalam menimbulkan efek kelelahan pada diri. Namun dengan sinar matahari dan tekanan udara yang cukup menimbulkan efek kurang kelelahan. Dengan kata lain sinar matahari secara signifikan memediasi efek pengendapan dan tekanan udara pada kelelahan.

Keempat, sinar matahari ditemukan memiliki efek yang signifikan.
Vitamin D3, yang diproduksi pada kulit kita ketika terkena sinar matahari akan mengubah kadar serotonin pada otak, yang dapat mempengaruhi mood. Sehingga dapat dikatakan bahwa kadar vitamin D3 yang lebih besar dapat berkontribusi untuk meningkatkan negatif dan negatif.

Jadi, kita mungkin akan bisa melihat bagaimana cuaca hari ini dan menebak kemungkinan-kemungkinan mood orang di sekitar kita.



EmoticonEmoticon