Jika Kamu Punya Hewan Peliharaan, Berbahagialah! - IndoPositive

Breaking

Monday, November 12, 2018

Jika Kamu Punya Hewan Peliharaan, Berbahagialah!



INDOPOSITIVE.org Hewan peliharaan mampu memberikan pengaruh besar terhadap kita. Mungkin beberapa di antara kita pernah punya hewan peliharaan atau tengah berencana ikut memelihara. Bagi teman-teman yang sekarang telah memiliki hewan peliharaan, tentu ada hal menyenangkan yang bisa kita dapatkan. Hewan mampu memberikan perasaan tenang, damai, sukacita, dan persahabatan. Bahkan, memiliki hewan peliharaan ternyata baik untuk kesehatan mental kita. 

Emotional support animals (ESAs) menjadi sebuah istilah yang kemudian berkembang dan menjadi satu kajian penelitian yang menarik. Istilah ini hadir setelah hewan peliharaan menjadi sebuah alternatif dalam memberikan dukungan sosial pada penyandang disabilitas. Anjing dan kucing menjadi hewan yang dianggap paling berpengaruh dalam dukungan sosial tersebut. Meskipun ada beberapa hewan lainnya yang juga bisa menjadi peliharaan. Bukan hanya untuk disabilitas, namun secara umum hewan peliharaan mampu memberikan efek psikologis untuk kita. 

Marieanna C. le Roux dalam sebuah artikel penelitian yang berjudul Effect of a companion dog on depression and anxiety levels of elderly residents in a long‐term care facility memberikan penjelasan tentang pentingnya hewan peliharaan. Penelitian itu memperlihatkan bahwa hewan peliharaan dapat membantu menjaga stabilitas emosi seseorang di saat mengalami kondisi yang tak menyenangkan. Bahkan cukup mengelus hewan peliharaan, terbukti dapat menjadi sebuah proses relaksasi. Sehingga untuk alasan ini, beberapa terapis menggunakan hewan peliharaan untuk mengatasi orang-orang yang bermasalah dengan kecemasan. 

Bahkan hewan peliharaan juga bisa berdampak pada peningkatan kesehatan fisik. Penelitian telah menemukan bahwa memiliki hewan peliharaan dapat membantu menurunkan tekanan darah, menstabilkan pernapasan, dan meningkatkan kemampuan orang untuk mengatasi rasa sakit. Untuk kesehatan mental sendiri, hewan peliharaan mampu mengatasi rasa kesepian dan juga memberikan perasaan peduli dan kasih sayang yang saling terjaga antara pemilik dan hewan peliharaan. 

Natalie Ein, peneliti asal Kanada baru-baru ini merilis temuan yang mempertegas perihal manfaat hewan peliharaan. Dengan mengumpulkan 28 artikel penelitian tentang hewan peliharaan, Natalie Ein pun menyusun sebuah meta-analisis dan menjelaskan bahwa hewan peliharaan secara signifikan mampu menjadi sebuah program yang efektif dalam menurunkan stres seseorang. Penelitian itu dipublikasikan dengan judul The effect of pet therapy on the physiological and subjective stress response: A meta-analysis. Setidaknya, di tengah kondisi yang kadang membuat kita mudah cemas, lelah, atau bahkan stress, para peneliti telah menawarkan alternatif lain untuk dilakukan. Mungkin saja dengan memelihara hewan, kondisi kesehatan mental kita dapat lebih baik dan semakin bahagia. 

Post a Comment
loading...