10 Karakter Kunci, Bukti Jika Kamu Sehat Mental dalam Menjalani Kehidupan Ini - IndoPositive

Breaking

Thursday, November 22, 2018

10 Karakter Kunci, Bukti Jika Kamu Sehat Mental dalam Menjalani Kehidupan Ini



INDOPOSITIVE.org Pernahkah mendambakan sebentuk kepribadian atau karakter tertentu ada dalam diri anda? Menemukan atau membangun kepribadian menjadi sesuatu yang dapat terus berlanjut dari waktu ke waktu. Namun belum lama ini, para peneliti menemukan sejumlah kepribadian yang mengarahkan kita pada kesehatan mental yang stabil dan bahagia. Mungkin saja, ini akan menjadi pilihan dalam menentukan atau mengetahui dengan lebih jelas siapa diri anda sebenarnya. 

Dipublikasikan di Journal of Personality and Social Psychology (penelitian ini dapat didownload melalui link ini dalam bentuk preprint), Wiebke Bleidorn bersama koleganya meyakini telah menemukan 10 karakter penting yang merupakan kunci utama untuk mendapatkan kesehatan mental yang baik. Hasil tersebut ditemukan setelah melewati berbagai proses penelitian. Diawali dengan peneliti yang mencoba mengumpulkan jawaban dari 137 ahli psikologi untuk memberikan gambaran ideal pada orang-orang yang sehat secara psikologis dengan menggunakan 30 aspek kepribadian yang ada pada NEO Psychological Inventory, Revised (daftar karakter yang disusun sebaik mungkin untuk dapat digunakan atau dipahami semua orang.) Peneliti pun melibatkan ahli psikologi positif serta mahasiswa dalam menentukan konsep “kepribadian sehat”
Di semua kelompok, jawaban kemudian diidentifikasi dan disusun hingga menemukan 10 karakter tersebut. Sebelumnya, anda mesti paham bahwa untuk memiliki kepribadian yang sehat, tak mutlak anda memiliki sepuluh karakter tersebut. 

·        Mampu mengungkapkan apa yang dirasakan
·        Berterus terang (dan bersikap “jujur, tulus, dan luwes”)
·        Memiliki Kemampuan atau Kompetensi
·        Penyayang dan Ramah
·        Emosi Positif (pengalaman seperti senang, bahagia, cinta, dan ketertarikan)
·        Tidak mudah bertengkar dengan teman, keluarga, atau orang lain.
·        Tidak mudah cemas
·        Tingkat depresi yang rendah
·        Tak mudah merasa tertekan atau stress
·         Impulsivitas rendah (mampu mengendalikan keinginan dan dorongan)

Menurut, Scott Barry Kaufman, sebagai salah satu peneliti  dalam kajian ini, “Kunci penentu ada pada rendahnya nilai pada karakter ini dalam mencapai tujuan hidup anda sendiri” (Untuk melihat nilai atau skor tersebut, anda dapat melihatnya melalui online test – silakan klik online test, yang disusun langsung oleh Kaufman.)



Dalam dua studi selanjutnya, peneliti mencoba membandingkan karakter ini dengan 3000 mahasiswa dan menemukan terdapat hubungan yang kuat dengan kepuasan hidup yang lebih besar, harga diri yang tinggi, kemandirian, optimis, mampu mengatasi marah dan agresi serta melakukan kontrol diri yang baik. Sepuluh karakter tersebut memberikan dampak besar pada kehidupan seseorang. Ini menjadi pertanyaan penting bagi peneliti selanjutnya untuk mencari langkah dalam meningkatkan atau membangun karakter sehat dalam diri setiap orang. Tentu saja langkah tersebut tidak mudah.
  
Setidaknya, dengan temuan tersebut, kita bisa langsung memahami dan melihat bagaimana diri kita sebenarnya. Selain itu, sepuluh karakter tersebut mampu memberikan pilihan untuk melatih atau mengembangkan diri menjadi lebih baik. Temuan tersebut sekiranya dapat bermanfaat dalam menunjang terciptanya kepribadian yang membawa kita pada kehidupan bahagia dan bermanfaat.  

Post a Comment
loading...