Switch Masalahmu Jadi Kekuatanmu - IndoPositive

Breaking

BANNER 728X90

Thursday, April 12, 2018

Switch Masalahmu Jadi Kekuatanmu




INDOPOSITIVE.org - Pernahkah kau merasa ingin melakukan sebuah perubahan tapi merasa tak mampu sama sekali? Atau saat kau mulai melakukannya, kau merasa gagal dan memutuskan untuk berhenti? Berbagai langkah yang kita coba, bisa saja menawarkan keberhasilan sekaligus kegagalan. Salah satu buku yang menurut kami layak untuk dinikmati dan membantu menjawab sejumlah pertanyaan tadi adalah “Switch” karya Chip bersama rekannya Dan Heath.

Perubahan bisa terjadi dalam diri sendiri maupun kelompok. Topik “perubahan” menjadi sesuatu yang tak akan habis dibicarakan. Dalam buku “Switch” penulis menawarkan konsep yang sederhana namun mudah untuk diterapkan dalam kehidupan diri kita maupun kelompok atau organisasi. Bukan hanya konsep yang ada di dalam buku ini, melainkan contoh serta cerita yang menjadikan bukti jika konsep tersebut berhasil.

Terdapat tiga konsep dalam buku Switch yang dapat kita kembangkan, konsep itu digambarkan dengan metafora “Pawang, Gajah, dan Jalan”

Pawang
Pada konsep ini, penulis menggambarkan sisi rasional kita. Kemampuan individu yang seringkali berpikir, berpikir dan berpikir. Di sisi lain, kemampuan itu malah membuat seseorang tak mampu bergerak sama sekali. Lantaran takut dan cemas dengan langkah yang akan ditempuh, akhirnya dia pun terjebak pada sisi rasional itu sendiri. Namun, pawang memiliki peran penting dalam berhasil atau tidaknya dia dalam mengendalikan gajah. Ada apa dengan gajah?
Gajah
Pada konsep ini, penulis menggambarkan sisi emosional kita. Ruang kita bergerak dengan dipengaruhi dari bagaimana kita merespon situasi yang ada, perasaan-perasaan yang lahir memberikan efek besar dalam menciptakan perubahan. Tapi di satu sisi, gajah bersifat santai dan lebih memilih untuk diam. Sebuah emosi yang besar mesti menggerakkannya agar tidak berdiam. Lalu, pawang (konsep sebelumnya) akan berusaha untuk menggerakkan atau mengendalikan perasaan itu. Hanya saja, sisi rasional melawan sisi emosional bukanlah hal yang mudah. Konsep terakhir akan membantu dua konsep sebelumnya, “Jalan.”

Jalan
Pada konsep ini, penulis menggambarkan tentang arah dan rencana yang akan ditempuh. Butuh strategi khusus untuk memilih jalan agar pawang dan gajah dapat bekerjasama dengan baik. Masalah paling besar dalam mencapai perubahan kadang ada pada titik ini. Ketika gajah dan pawang akan bekerjasama, jalan yang akan dilalui ternyata tak mampu memberikan ruang yang tepat untuk melangkah. Akhirnya, terjadi konflik yang berkepanjangan dan mengakibatkan muncul kondisi beku. Tak mampu bisa melakukan apa-apa.

          Maka, tiga konsep itu saling berkaitan dalam memunculkan perubahan. Hanya saja, kita sulit untuk memanfaatkan atau melakukan langkah itu dengan baik. Setidaknya, Chip dan Dan Heath telah memberikan panduan yang cukup mudah untuk kita semua. Berbagai temuan psikologi digabungkan dengan pengalaman berbagai tokoh yang menggunakan konsep itu. Buku ini bisa jadi bahan diskusi serta refleksi untuk kita yang merasa belum benar-benar mencapai perubahan yang diharapkan.

No comments:

Post a Comment