Sunday, August 13, 2017

Benefit Finding: Kacamata Psikologi Positif Ketika Anda Menghadapi Masalah

INDOPOSITIVE.org — Ada kalanya hidup tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Berbagai masalah mungkin saja akan terjadi di setiap waktu, seperti trauma, sakit dan pengalaman negatif lainnya yang akan membuat kita merasa tertekan. Pasti anda sudah tak asing lagi dengan kalimat “pasti ada hikmahnya!” Bukan? Begitulah, ketika sedang mengalami masalah, salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk merasa lebih baik ialah dengan mengganti sudut pandang bahwa masalah ini dapat menjadi pelajaran penting yang kelak bermanfaat bagi kita.



Pada kajian psikologi positif, terdapat variabel yang dapat menggambarkan keadaan seperti itu, hal itu kemudian dikenal dengan istilah “benefit finding”. Suzanne C Lencher dari University Of Miami menjelaskan melalui buku The Encyclopedia Of Positive Psychology bahwa benefit finding refers to an individual’s perception that major positive changes have occurred as a result of challenging life events such as major illness or trauma.

Terkadang setelah seseorang mengalami trauma, sakit atau pengalaman negatif lainnya, beberapa orang melaporkan hal yang baru mengenai apresiasi mereka terhadap kekuatan dan ketahanan mereka sendiri. Selain itu, beberapa orang juga merasa bahwa mereka merasakan hubungan yang lebih kuat dan merasa lebih dekat dengan orang lain, terutama keluarga dan teman terdekat. Namun ada juga yang melaporkan bahwa mereka menjadi lebih berbelas kasihan atau altruistik dan juga, filosofi kehidupan juga terkadang bisa berubah.

Penelitian yang dilakukan oleh Brown bersama rekannya dengan judul Benefit Finding and Physical Health: Positive Psychological Changes and Enhanced Allostasis yang dipublikasikan pada tahun 2007 dalam jurnal Social and Personality Psychology Compass menyatakan bahwa banyak individu yang mengalami peristiwa kehidupan yang penuh tekanan melaporkan jikalau mereka mendapatkan beberapa manfaat positif dari pengalaman tersebut, serta berpengaruh pada kondisi psikologi dan kesehatan fisik mereka. Adapun domain psikologis yaitu, perubahan dalam proses penilaian dan coping (kemampuan mengatasi stres), hubungan, tujuan dan prioritas, dan dampak positif – yang mengarah pada peningkatan alostasis (proses mencapai stabilitas, atau homeostasis, di dalam tubuh, melalui perubahan fisiologis atau perilaku), melawan efek negatif dari respons stres katabolik dan aktivitas sistem fisiologis restoratif.

Temuan lain dari Cassidy, McLaughin dan Giles yang dipublikasikan tujuh tahun setelah penelitian Brown. Penelitian yang berjudul Benefit finding in response to general life stress: measurement and correlates yang dimuat dalam jurnal Health Psychology and Behavioral Medicine menyatakan bahwa benefit finding memiliki hubungan terhadap stres kehidupan dan menjadi fokus terhadap pengembangan intervensi preventif untuk meningkatkan kesehatan positif.


Jadi, pada dasarnya dengan berbagai masalah yang datang menghadang kita belajar bahwa masalah yang diciptkan sang pencipta juga ada menyimpan manfaat yang kadang tidak disadari. Setiap orang punya caranya masing-masing dalam mempersepsikan setiap kejadian dalam hidup dan cara mereka dalam mengambil hikmah atau pelajaran, selamat mencari tahu. 


No comments:

Post a Comment

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *