Apakah Tujuan Hidup itu Penting? - IndoPositive

Breaking

BANNER 728X90

Friday, December 23, 2016

Apakah Tujuan Hidup itu Penting?

INDOPOSITIVE.org — Pernahkah anda bertanya, “apa itu hidup?” pertanyaan ini adalah pertanyaan sulit. Melebihi dari soal fisika bahkan kalkulus sekalipun. Pertanyaan ini juga ditanyakan oleh guru biologi Raditya Dika ketika SMA dan dia juga tidak tahu jawabannya (Baca: Radikus Makan Kakus). Individu yang berusaha mencari tahu jawaban pertanyaan ini dalam prosesnya secara langsung dapat merubah hidupnya. Mengapa saya dapat mengatakan hal demikian? Salah satu teman saya yang baru baru saja apply beasiswa LPDP menceritakan bahwa ketika dia menulis essay, dia tersadar bahwa hidup ini sangat sederhana jika kita telah memahami apa tujuan hidup kita sebenarnya. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mencari jawaban pertanyaan di atas adalah dengan mencari tahu apa tujuan hidup anda (purpose in life).

Dalam psikologi, purpose in life merupakan salah satu aspek dari kesejahteraan psikologis (psychological well-being). Ryff dalam jurnalnya yang berjudul Happiness is everything, or is it? Explorations on the meaning of psychological well-being, mengemukakan bahwa individu yang memiliki tujuan hidup memiliki karakteristik seperti perasaan bermakna dalam hidup, berpegang teguh pada keyakinan yang memberi makna pada hidupnya, dan memiliki tujuan akhir. Penelitian menunjukan bahwa purpose and meaning berhubungan terbalik dengan simpton depresi, kecemasan, tindakan kejam, dan upaya bunuh diri. Purpose in life memilki hubungan dengan beberapa konstruk psikologi positif, seperti kebahagiaan yang lebih besar, self-esteem, resiliensi, dan harapan. Temuan penelitian lain juga membuktikan bahwa tujuan hidup dapat berpengaruh terhadap kesehatan fisik.

Tujuan hidup masing masing individu di dunia ini berbeda. Mungkin, salah satu alasan kenapa Tuhan menciptakan manusia dengan minat bakat, kepribadian, fisik, dan beragam pembeda lainnya, ada hubungannya dengan tujuan hidup manusia itu sendiri di dunia. Ada yang diciptkan dengan minat bakat akademik dan pengetahuan, tujuan mereka kuranglebih untuk memajukan hidup ini lebih baik dan mensejahterakan hidup manusia. Adapula yang diciptakan dengan minat bakat seni, tujuan mereka juga kuranglebih untuk memberikan hiburan dan tawa di dunia, begitupun dengan minat bakat lainnya, yang juga memiliki tujuannya masing masing.

Akan seperti apa hidupku nanti? via www.theodysseyonline.com

Setiap orang punya tujuan, entah untuk diri sendiri, keluarga, teman, sahabat, bangsa dan Negara hingga umat manusia. Buat kalian, selamat mencari tahu tujuan penciptaan kalian sekaligus mencari tahu purpose in life kalian di dunia ini. Tidak semua orang tahu apa tujuan hidupnya, mka dari itu, jangan jadi orang yang kurang beruntung seperti itu. Bagi kalian yang sudah tahu purpose in life, saya ucapkan selamat menjadi orang yang bermakna bagi orang lain. Buat yang belum tahu, coba deh dari sekarang, dari detik ini sejak kalian baca tulisan ini, coba tulis di kertas atau di mana pun dan camkan itu di memori kalian, kemudian direalisasikan. Selamat mencoba!   
  

No comments:

Post a Comment