Tuesday, September 6, 2016

Empat Pesan Penting dari Penelitian 75 Tahun Vaillant

INDOPOSITIVE.org  Pada artikel sebelumnya, kami telah menuliskan inti dari sebuah penelitian yang berlangsung selama 75 tahun. Kali ini terdapat beberapa hal penting dari penelitian tersebut. Penelitian yang dilakukan pada 268 mahasiswa S1 yang dimulai pada 1938 memiliki beberapa poin penting. Hal tersebut berkaitan dengan tingkat inteligensi, konsumsi alkohol, hubungan antar sesama, dan penghasilan. Berikut penjelasan terkait penemuan tersebut.



1. Hubungan yang bermakna

“Izinkan saya mengatakan 70 tahun telah cukup untuk menjadi bukti bahwa hubungan kita dengan orang lain sangatlah penting, sangat penting dari apapun di dunia ini” tulis Vaillant pada tahun 2009 dimuat dalam artikel berita Positive Psychology. Bahkan hubungan di masa-masa awal, pada masa kanak-kanak pun akan sangat penting pada kebahagiaan jangka panjang, sebut saja yang Anda alami dengan ibu Anda. Bussiness Insider menyoroti beberapa penemuan dan menunjukkan korelasi dengan melihat fakta bahwa laki-laki yang memiliki masa kecil yang “hangat” dengan ibu mereka akan memiliki sedikit kemungkinan pengembangan dimensia dalam kehidupannya. Dan akan memiliki kemungkinan sukses dalam bidang professional mereka.

Dan bukan hanya berhubungan pada indikator hubungan sehat yang menentukan seluruh kepuasan hidup, tapi juga merupakan indikator pada kepuasan karir. Vaillant mengungkapkan bahwa memiliki hubungan yang berarti pada pekerjaan yang Anda lakukan bahkan lebih penting daripada mencapai keberhasilan tradisional .

2. Hindari penyalahgunaan alkohol

Laporan Bussiness Insider bahwa Grant Study ini memiliki korelasi yang kuat antara penyalahgunaan alkohol dan neurosis dan depresi, dan bahwa gangguan mental ini diikuti penyalahgunaan alkohol, bukan mendahuluinya. Alkohol, dibarengi dengan merokok juga dikatakan memberi kontribusi terbesar pada kematian dini. Satu lagi, ingat ketika membahas cinta dan hubungan adalah faktor penting dalam kebahagiaan, hidup yang bermakna? Well, alkoholik akan membawa pada penyebab perceraian diantara 268 laki-laki dan istri mereka.

3. Uang dan kekuasaan yang lebih banyak, tidak berarti lebih bahagia

“Dalam hal prestasi, hal yang paling penting adalah anda puas pada pekerjaan anda”. Penelitian lain yang mendukung hal ini pada tahun 2010, seorang ekonimis Angus Deaton terkenal dalam kesimpulannya bahwa peningkatan emosi kesejahteraan tidak memiliki korespondensi dengan peningkatan pendapatan tahunan lebih dari 75.000 dollar pertahun. Penelitian lain menunjukkan bahwa "bukan seberapa banyak uang yang anda miliki  yang membuat anda bahagia, tapi bagaimana anda menghabiskannya” Maka, uang tidak bisa membeli kebahgaiaan.

4. Efek positif dari kecerdasan juga berarti

Tidak berarti bahwa kecerdasan tidak memberikan kontribusi pada kebahagiaan. Pada tahun 2012 dalam sebuah studijournal of Psychological Medicine menguji 6,870 orang dan menemukan bahwa kecerdasan berhubungan dengan ketidakbahagiaan dan hal ini berkorelasi dengan penghasilan rendah dan kesehatan mental yang lemah. Tapi menurut Grant Studi, IQ tidak begitu berkontribusi pada emosional well-being di atas beberapa level.

Penelitian menemukan bahwa laki-laki dengan IQ antara 110 dan 115 secara umum tidak lebih atau kurang bahagia dengan laki-laki dengan IQ di atas 150. Anda dapat menemukan kebahagiaan pada hal apa saja dalam hidup, karena tidak pernah terlambat untuk berubah. Anda mungkin berasumsi bahwa seseorang yang lahir dengan keberuntungan akan memiliki pengalaman kebahagiaan yang lebih daripada seseorang yang lahir dari latar belakang keluarga yang tidak mampu. Tapi hal itu bukan itu masalahnya. Dalam anekdot The Huffington Post. Vaillant melihat kembali cerita dari tiap partisipan yang dinilai sangat rendah untuk stabilitas masa depan. Ia adalah Godfrey Minot Camille, dan telah melakukan usaha bunuh diri sebelum terlibat dalam penelitian ini. Namun, pada akhirnya, Camille dilaporkan sebagai salah satu partisipan terbahagia, “Ia menghabiskan waktu hidupnya dengan mencari cinta” jelas Vaillant. 

Semoga penemuan di atas dapat memberikan cara pandang baru tentang bagaimana kita memaknai cinta dan menemukan kebahagiaan kita masing-masing. 

No comments:

Post a Comment

Know us

Our Team

Contact us

Name

Email *

Message *