5 Manfaat Psikologis Saat Kita Menulis Jurnal Pribadi

INDOPOSITIVE.org — Apakah anda punya jurnal pribadi? Sebagian besar orang mengira jikalau menulis sejumlah hal dalam kehidupan sehari-hari bukanlah hal yang penting. Namun, ada banyak temuan yang telah memperlihatkan bahwa menulis jurnal memiliki beragam manfaat. Berikut manfaat menulis jurnal:



PERTAMA: SEBAGAI RUANG KATARSIS

Dr. James Pennebaker, seorang peneliti, yang juga menulis sebuah buku yang berjudul Writing to Heal, menjelaskan bahwa menulis memiliki komponen penyembuhan yang baik namun jarang disadari oleh sebagian besar orang. Dengan menulis tentang pengalaman traumatis dan emosional, manusia akan mampu mengatur, menerima masa lalu, dan melepaskan pikiran negatif. Dengan demikian, menulis sebuah jurnal dapat berfungsi sebagai ruang katarsis dari melepaskan beban emosional setiap hari.

KEDUA: BELAJAR MENGENAL RASA SYUKUR

Manfaat lain dari menulis jurnal adalah ruang untuk bersyukur. Terutama bagi mereka dengan kehidupan yang begitu sibuk dan padat, kondisi seperti itu bisa sangat sulit untuk benar-benar menyerap dan merayakan aspek positif dari kehidupan. Kita memiliki beberapa pengalaman positif setiap hari, namun sebagian besar begitu mudah dilupakan. Robert A. Emmons, dari University of California, peneliti yang berfokus pada rasa syukur telah menemukan bahwa menulis tentang apa yang kita syukuri akan berkorelasi dengan tidur yang lebih baik, tingkat kecemasan yang lebih rendah, dan kepuasan yang lebih tinggi dalam suatu hubungan yang romantis.

KETIGA: MEMBANTU KITA DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Penyair dan aktivis Kelly Harris pernah berkata, "Saya benar-benar percaya bahwa kita tak tahu bagaimana kita merasakan sesuatu sampai kita menuliskannya." Mungkin ia bukan peneliti dalam hal topik ini, namun penemuannya telah dicocokkan oleh para peneliti di University of Michigan. Mereka menemukan bahwa menuliskan berbagai pilihan membantu orang mengeksplorasi alternatif mereka dinyatakan mungkin tidak dipertimbangkan. Mereka juga menemukan bahwa mereka yang menulis untuk membuat keputusan mereka kurang bias dan lebih percaya diri bahwa mereka telah membuat pilihan yang tepat. Jadi jika Kita mencari kejelasan dan jaminan, menulis tentang keputusan-keputusan sulit dapat membantu Kita menarik kesimpulan.

KEEMPAT: MENJAGA OTAK KITA

Mungkin manfaat paling mengesankan dari menjaga sebuah jurnal adalah kemampuannya untuk mempengaruhi otak kita. Penelitian telah menemukan perbedaan yang jelas pada otak orang-orang yang bermeditasi dan mereka yang tidak bermeditasi. Karena menulis dan kegiatan seni lainnya dapat menempatkan kita dalam meditasi atau ada pada keadaan gelombang "theta", jurnal dapat membantu memperbaiki kerusakan otak  serta meningkatkan aktivitas otak kita.


KELIMA: MENJAGA TUJUAN UTAMA


Kita semua memiliki tujuan. Sayangnya, mencapai mereka tidak selalu apa yang terjadi di dunia nyata. Kita dapat melacak tujuan kita sangat erat melalui jurnal. Jurnal memungkinkan kita untuk menyusun tujuan kita menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, membawa langkah-langkah kecil menjadi kenyataan kita. Setelah sadar berpikir dan menulis tentang tujuan Kita setiap hari selama setahun, kita mungkin menemukan bahwa ada hal-hal yang berhasil dipelajari, berubah, dan mencapai sesuatu yang lebih baik. Tanpa jurnal, bekerja menuju tujuan mungkin tetap berjalan namun begitu rumit. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel