Penelitian Selama 75 Tahun, Temukan Hal Paling Penting Dalam Hidup Kita - IndoPositive

Breaking

Wednesday, August 31, 2016

Penelitian Selama 75 Tahun, Temukan Hal Paling Penting Dalam Hidup Kita

INDOPOSITIVE.org — Ada banyak cara untuk menjalani kehidupan. Namun untuk mengetahui, mana jalan yang tepat atau keliru bukanlah sesuatu hal yang mudah. Bagaimana cara menemukan jalan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik? Apa yang sebenarnya menjadi rahasia dalam menjalani seluruh proses kehidupan selama ini? Sejumlah pertanyaan tersebut telah berusaha dijawab oleh sebuah penelitian yang dilakukan lebih dari 75 tahun lamanya. 


Penelitian tersebut dilakukan begitu mendalam oleh para peneliti Harvard. Masa penelitian itu menjadi salah satu hibah penelitian terpanjang Harvard, studi paling komperhensif  dalam sejarah, menurut The Atlantic, yang diterbitkan pada tahun 2009. Penelitian dimulai pada 1938 dan diikuti oleh 268  mahasiswa S1 laki-laki yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Selama beberapa dekade, peneliti melacak sejumlah faktor dalam kehidupan mereka, termasuk tingkat inteligensi, konsumsi alkohol, hubungan relasi, dan penghasilan.

Pada tahun 2012, penemuan yang mencengangkan diterbitkan dalam sebuah buku oleh psikatris Harvard, George Vaillant, yang memimpin penelitian ini sejak 1972 hingga 2004. Dalam video Harvard University Press, Vaillant menjelaskan penelitian ini menjadi jenis yang satu-satunya saja bukan karena dilaksanakan dalam waktu yang lama, tapi karena melibatkan 268 laki-laki yang mengizinkan peneliti untuk menunjukkan kehidupannya dan mampu menghasilkan kombinasi buku statistik dan anekdot tentang pengalaman manusia. Pada kesimpulan akhir, peneliti mengemukakan bahwa nilai cinta di atas segalanya.

Jangan pernah merendahkan kekuatan cinta, karena itulah kunci kebahagiaan. Dr.George Vaillant menuliskan bahwa ada dua pilar kebahagiaan,
 “One is love. The other is finding a way of coping with life that does not push love away” pertama adalah cinta, yang lainnya adalah menemukan cara mengatasi hidup yang tidak menjauhkan kita dari cinta.

“Inti dari Grant Study yang mengahabiskan waktu selama 75 tahun dan 20 juta dollar ini, untuk secara singkat dan jelas disimpulkan dalam lima kata “Happiness is love. Full Stop” Ungkap Vaillant. Cinta adalah segalanya. Seseorang mungkin saja memiliki seluruh kemewahan dalam hidup, tapi tanpa cinta, hal itu tidak akan memberi arti yang banyak.