Header Ads

Mengenali Passion Berarti Menciptakan Kebahagiaan

INDOPOSITIVE.org — Setiap individu pasti tahu apa yang disukai dan tidak disukai, sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan hal tersebut dalam melakukan berbagai aktivitas. Individu yang melakukan aktivitas yang disukai dapat memengaruhi kebahagiaan dan produktivitas, begitupun sebaliknya. Individu yang melakukan aktivitas yang tidak disukai dapat menyebabkan stress dan perasaan malas, sehingga hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan yang diharapkan.



Passion dan minat dapat menjelaskan hal di atas. Vallerand melalui sebuah artikelnya pada tahun 2012 pun mendefinisikan passion sebagai kecenderungan yang kuat terhadap aktivitas yang dilakukan oleh diri sendiri, bahkan cinta melakukan sesuatu, aktivitas yang memiliki arti penting, dan individu mencurahkan waktu dan energi secara teratur untuk aktivitas tersebut. Sedangkan minat  menurut Syaiful Bahri Djamarah, salah seorang penulis yang telah melahirkan berbagai buku psikologi mendefinisikan minat sebagai kecenderungan menetap untuk memperhatikan dan mengenang beberapa aktivitas. Seseorang yang berminat terhadap aktivitas akan memperhatikan aktivitas itu secara konsisten dengan rasa senang.

Mengapa passion dan minat sangat penting untuk mendapatkan perhatian khusus? Beberapa hasil penelitian membuktikan bahwa passion dan minat berhubungan dengan kebahagiaan, psychological well-being serta subjective well-being individu.

Vellerand pun menjelaskan hal tersebut dalam artikelnya yang berjudul The role of passion in sustainable psychological well-being, Psychology of Well-Being: Theory, Research and Practice. Hasil penelitian membuktikan bahwa passion harmony terhadap suatu aktivitas dapat mempromosikan kesejahteraan psikologis. Selain itu, penelitian dengan judul Happiness and Productivity yang dilakukan oleh Andrew J. Oswald, Eugenio Proto, and Daniel Sgroi di tahun 2014. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa individu yang bahagia memiliki produktivitas yang tinggi, dan sebaliknya individu yang kurang bahagia memiliki prodktivitas yang rendah.

Penelitian dengan judul Can Passion be Polyamorous? The Impact of Having Multiple Passions on Subjective Well-Being and Momentary Emotions yang dilakukan oleh Benjamin J. I. Schellenberg, Daniel S. Bailis yang diterbitkan dalam Journal of Happiness Studies yang diterbitkan pada tahun 2015 pun menyatakan bahwa mahasiswa yang setidaknya memilikki satu passion harmony melaporkan tingkat yang lebih tinggi pada subjective well-being dibandingkan dengan individu yang tidak memiliki passion harmony, dan individu yang memiliki dua passion harmony melaporkan tingkat yang lebih tinggi pada  kesejahteraan dibandingkan dengan inndividu yang hanya memiliki satu passion harmony.

Harackiewicz dan Hulleman melalui jurnal Social and Personality Psychology dengan judul The Importance of Interest: The Role of Achievement Goals and Task Values in Promoting the Development of Interest, mengemukakan bahwa minat dapat dipandang sebagai sesuatu yang penting sehubungan dengan penyesuaian diri dan kebahagiaan. Lucas; Sheldon dan Lyubomirsky mengemukakan bahwa kajian penelitian dalam bidang psikologi positif dan psikologi kesehatan menyatakan kebahagiaan dan kepuasan hidup merupakan komponen penting well-being.

Tulisan ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi kalian yang ingin membuat keputusan dalam segala aspek kehidupan, khususnya bagi calon mahasiswa dalam menentukan jurusan serta fresh undergraduate yang akan apply suatu pekerjaan. Bagi kalian calon mahasiswa, pilihlah jurusan yang sesuai dengan passion dan minat kalian. Menjalani perkuliahan tanpa passion dan minat akan sangat berdampak pada kehidupan kalian, 4 tahun bukanlah waktu yang singkat! Pikir baik dan matang dalam membuat keputusan yaah gengss.


Dan buat kalian yang ingin bekerja, juga sama halnya dengan calon mahasiswa. pilihlah pekerjaan yang sesuai minat dan passion kalian. Bekerja itu tidak mengenal waktu untuk berhenti, jika kalian melakukan pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion dan minat secara terus menerus, maka kebahagiaan yang kalian cari bakalan sangat langka!  

No comments

Powered by Blogger.