Apa Doa Anda Hari Ini? - IndoPositive

Breaking

Saturday, August 27, 2016

Apa Doa Anda Hari Ini?

INDOPOSITIVE.org Ada yang berpikir jikalau hidup hanyalah kumpulan masalah. Ada pula yang berpikir bahwa hidup adalah tentang menikmati apa pun lalu kemudian mensyukurinya. Namun, pada dasarnya kita akan selalu berhadapan dengan berbagai masalah. Tak satupun manusia terbebas dari masalah. Dalam menanggapi masalah yang ada setiap individu punya cara masing masing, namun dari berbagai banyak cara yang dilakukan, salah satunya berdoa.



Berdoa (prayer) adalah cara yang paling sering dilakukan oleh manusia. Maggie Symea dan rekannya, Rebecca Symeb dari University of Kansas dan Bethel Seminary University mengemukakan bahwa, 

Prayer is an act of communication between an individual and a specific reality, such as a supernatural being or natural force. Types of prayers include expressions of suffering, contemplations, intercessions for others, personal petitions, confessions, adorations, sacraments, and giving thanks.

Dalam istilah psikologi, upaya mengatasi masalah, stress ataupun keadaan yang tidak sesuai dengan harapan dikenal dengan istilah coping. Prayer merupakan salah satu jenis coping yang tergolong dalam emotional focus coping. Beberapa penelitian membuktikan bahwa (prayer) mampu meningkatkan kesehatan mental, greater marital satisfaction, pemulihan dari perlakuan yang kejam atau kekerasan, kekerasan mental dan keuntungan bagi kesehatan fisik. Prayer mendukung beberapa kajian ilmu psikologi positif, seperti optimisme (optimism), dan harapan (hope). Secara psikologis, doa mampu menghadirkan mental yang lebih positif. 

Ternyata aktivitas berdoa (prayer) yang biasa kita lakukan sehari-hari, selain untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta ternyata juga memiliki manfaat dalam kehidupan sehari hari, baik fisik maupun mental. Jadi seberat apapun masalah yang kita hadapi, tetaplah semangat dan jangan lupa berdoa yaah guys!