6 Manfaat Psikologis Menjadi Seorang Relawan - IndoPositive

Breaking

Saturday, August 13, 2016

6 Manfaat Psikologis Menjadi Seorang Relawan

INDOPOSITIVE.org — Kesibukan dari berbagai kegiatan yang bersifat monoton setiap hari bisa jadi mempengaruhi kesehatan mental individu, karena itu individu perlu melakukan kegiatan yang berbeda dari rutinitasnya sehari-hari. Salah satu kegiatan yang dapat kita lakukan adalah dengan bergabung dalam suatu kelompok dan menjadi relawan atau volunteer. Sebuah penelitian United Health Group & the Optum Institute menemukan bahwa 94 % individu yang melakukan kegiatan volunteering di dua belas bulan terakhir mampu meningkatkan mood mereka menjadi lebih baik. Selain itu, melalui HelpGuide (trusted guide to mental, emotional &social health) dijelaskan bahwa menjadi relawan memiliki manfaat yang sangat besar. Bergabung dalam kelompok relawan dapat membantu individu untuk mengurangi stress, dapat menambah teman, dapat menjangkau masyarakat luas dan dapat mempelajari kemampuan baru. Menjadi relawan juga dapat membantu melindungi kesehatan mental dan fisik individu.  Berikut manfaat psikologis saat bergabung menjadi relawan:




1. Menjadi relawan dapat  membuat individu menjadi bahagia. Dengan meneliti hormon dan aktifitas otak, para peneliti telah menemukan bahwa menjadi bermanfaat untuk orang lain dapat memberikan kesenangan. "Semakin banyak kita memberi, semakin bahagia yang kita rasakan."

2. Menjadi relawan dapat  membantu menghilangkan stress, kemarahan dan kecemasan. Hal tersebut disebabkan karena aspek kontak sosial seperti membantu orang lain atau bekerja dengan orang lain dapat menghasilkan efek mendalam terhadap kesejahteraan psikologis individu.

3. Menjadi relawan dapat  mencegah depresi. Menjadi relawan membuat individu mengembangkan hubungan yang lebih akrab dengan orang lain sehingga individu dapat memiliki dukungan yang lebih banyak dari individu lain. Adanya dukungan dari orang lain mampu membuat individu terhindar dari depresi.

4. Menjadi relawan dapat  meningkatkan rasa percaya diri. Peran individu sebagai relawan dapat memberikan rasa bangga dan identitas sehingga individu dapat memiliki pandangan positif dalam hidup.

5. Menjadi relawan dapat  memberikan tujuan. Individu dewasa yang lebih tua, terutama mereka yang sudah pensiun atau kehilangan pasangan dapat menemukan makna baru dan arah dalam hidup mereka dengan membantu orang lain. Menjadi relawan dapat membantu individu mengalihkan pikiran individu dari kekhawatiran dan dapat menambahkan semangat hidup.


6. Menjadi relawan dapat membantu anda secara fisik. Hasil penelitian telah menemukan bahwa individu yang memiliki rasa sukarelawan memiliki tingkat kematian lebih rendah daripada mereka yang tidak. Relawan cenderung lebih mudah untuk mengatasi tugas sehari-hari dan memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik. Menjadi relawan juga dapat mengurangi gejala nyeri kronis dan mengurangi risiko penyakit jantung.