5 Alasan Untuk Belajar Perkembangan Manusia? - IndoPositive

Breaking

Monday, August 8, 2016

5 Alasan Untuk Belajar Perkembangan Manusia?

INDOPOSITIVE.org — Psikologi perkembangan bukan hanya milik mereka yang kuliah di jurusan psikologi, pendidikan atau kesehatan. Beberapa latar belakang ilmu pengetahuan juga memiliki kesempatan untuk memahami dan mencaritahu tentang pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Selain mendapat pengetahuan untuk memahami oranglain dengan lebih baik, mempelajari perkembangan manusia juga akan memberikan kita pandangan mendalamyang lebih baik mengenai diri sendiri. Berikut beberapa keuntungan mempelajari perkembangan manusia:



1. Belajar Mengerti dan Memahami Diri Sendiri

Kita semua tentu pernah menjadi anak-anak, jadi mempelajari bagaimana anak-anak tumbuh dan berkembang akan memberikan pengetahuan tambahan mengenai sejauh mana diri kita telah tumbuh. Mempelajari perkembangan manusia juga akan membantu kita mempelajari mengenai masa depan kita nantinya. Dengan memahami proses pertumbuhan, kita akan melakukan persiapan yang lebih baik ketika menghadapi berbagai isu yang berhubungan dengan pertumbuhan dan perkembangan.

2. Membantu Kita Agar Lebih Memahami Anak-Anak.

Entah apakah Anda adalah orangtua atau memiliki rencana agar menjadi orangtua kelak, mempelajari perkembangan manusia dapat mengajari kita banyak hal mengenai anak-anak. Sebagai bahan untuk mempelajari hal-hal yang akan menjadikan kita sebagai orangtua yang baik, juga akan mendapatkan pemahaman bagaimana anak-anak berperilaku, berpikir, belajar dan merasakan.
Perkembangan adalah proses yang kompleks, jadi mempelajari bagaimana anak tumbuh secara fisik, sosial, emosional dan kognitif dapat mengantar kita untuk memahami secara mendalam menganai anak-anak di setiap usia.

3. Memiliki Kemampuan Berinteraksi yang Lebih Baik dengan Anak-Anak

Jika memiliki rencana untuk memiliki anak atau bekerjasama dengan anak-anak dalam hal-hal tertentu, mempelajari perkembangan manusia akan meningkatkan kamampuan berinteraksi dengan anak-anak. Ketika telah memahami tahap perkembangan dan apa yang memotivasi mereka, kita pun akan memiliki rasa nyaman saat berbicara dan bermain dengan mereka.   

4. Menemukan Rasa Penghargaan Semasa Hidup

Ketika memikirkan perkembangan manusia, mudah memikirkannya sebagai proses yang akan lengkap ketika kita berada pada usia dewasa awal. Akan mudah untuk menyadari bahwa, bagaimanapun, perkembangan adalah proses yang terus berjalan seiring berlangsungnya kehidupan.

Ketika memasuki masa dewasa, masa pertengahan usia dewasa dan menghadapi usia tua, memiliki pemahaman mengenai bagaimana seseorang terus tumbuh dan berubah seiring bertambahnya usia, akan membantu kita untuk lebih menghargai dan mengatur setiap tahapan semasa hidup.

5. Mengetahui Apa yang Normal dan Tidak Normal

Alasan penting lainnya adalah mengetahui apa hal yang normal. Sementara setiap orang memiliki perbedaan, perkembangan manusia cenderung mengikuti pola yang sangat mungkin diprediksi. Ketika telah mempelajari perkembangan, kita akan mengetahui apa yang umumnya terjadi pada usia dan tahap tertentu.

Mungkin yang paling penting, mempelajari perkembangan manusia akan lebih memudahkan untuk melihat tanda  atau masalah yang dapat terjadi. Mulai dari masalah fisik atau perkembangan kognitif dalam masa awal kanak-kanak hingga pergelutan emosi di kehidupan mendatang, memungkinkan untuk mengidentifikasi potensi masalah akan sangat penting. sebab sedini mungkin masalah perkembangan dideteksi, semakin cepat pula intervensi dapat dimulai. Tidak peduli bagaimanapun situasinya, deteksi dini dan perawatan akan membawa kita pada hasil yang lebih baik.