Mencari Stres Apa Yang Baik Untukmu

INDOPOSITIVE.org ─ Sebagian besar orang percaya jika stress itu adalah hal yang buruk, tetapi perlu dipahami jika ada “stress yang baik” dan “stress yang buruk.” Kita jarang mendengar ungkapan, “Aku benar-benar merasa stress, tapi aku senang dengan ini!” Jika kita tidak memiliki stress hidup kita akan kurang bermakna dan tidak bahagia. Namun, stres yang baik bisa berubah menjadi stres yang buruk, dan sebaliknya. Inilah yang perlu kita pahami tentang stres yang baik.

ilustrasi

Good Stress Vs. Bad Stress

Maka yang disebut "stres yang baik," atau dalam istilah psikolog disebut sebagai "eustress," adalah jenis stres yang kita rasakan ketika kita merasa bersemangat. Denyut nadi lebih cepat, hormon kita berubah, meski tak ada ancaman atau ketakutan. Kita merasa stres seperti ini ketika kita naik roller coaster, promosi atau tutorial senjata, atau saat kita pergi pada kencan pertama. Ada banyak pemicu stres yang baik ini, dan itu membuat kita merasa hidup dan bersemangat menjalani hidup.

Tipe lain dari stres adalah “stres akut”. Itu berasal dari kejutan cepat yang juga menghasilkan respon. Stres akut memicu respon stres tubuh juga, tapi pemicu tidak selalu hal yang menyenangkan dan menarik. Ini adalah apa yang biasanya kita anggap sebagai "stres." stres akut sendiri tidak begitu berbahaya jika kita menemukan cara untuk bersantai dengan cepat. 

Jenis stres yang perlu kewaspadaan kita adalah tentang adalah “stres kronis”. Jenis ini stress muncul ketika kita berulang kali menghadapi stres yang menguras emosi anda dan merasa tak terhindarkan. Pekerjaan yang begitu menekan atau kehidupan rumah yang tidak bahagia bisa membawa stres kronis. Ini adalah hal yang menjadi bagian dari stress yang parah. Sebab tubuh kita tidak dirancang untuk stres kronis, kita bisa menghadapi efek kesehatan negatif (baik fisik dan emosional) jika kita berurusan dengan stres kronis dalam jangka waktu yang panjang.


Sumber Stres Baik

Oke, kembali ke stres yang baik. Mengetahui tentang berbagai jenis stres, tentu masuk akal jika anda mencoba untuk menemukan stress yang baik. Karena dengan itu anda bisa mendapatkan begitu banyak jenis stress yang baik, maka penting untuk memilih kegiatan dalam hidup Anda yang membuat Anda merasa baik, bahagia, dan bersemangat menjalani kehidupan. Ini juga menjadi alasan yang baik untuk menghilangkan kegiatan yang membuatmu menguras emosi, atau malah menghadirkan pengalaman stres kronis. 

Salah satu cara yang baik untuk mengukur terkait ada atau tidak,  kegiatan itu bermakna adalah dengan memperhatikan perasaan senang yang muncul. Apakah Anda merasa bersemangat? Apakah itu kegiatan yang "diinginkan", atau kegiatan yang "harus" dilakukan? Pastikan kegiatan itu adalah "keinginan" dari semua hal yang benar-benar ingin dilakukan, dan kegiatan "harus" yang benar-benar mesti dilakukan. 

*Tulisan ini diterjemahkan dari salah satu Elizabeth Anne Scott di website verywell.com

Lahir di Pinrang, 4 Maret 1992. Senang membaca, menulis, meneliti. Penulis dapat dikunjungi di www.wawankurn.com

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment