Header Ads

Sekelumit Cerita Tentang Positive Youth Project

INDOPOSITIVE.org ─ Tentang Peserta... : Positive Youth Project atau PYP sudah sepekan berlalu namun saya masih tetap saja ingin menuliskan tentang mereka anak-anak yang beranjak remaja yang memilih untuk menjadi pribadi-pribadi yang tidak biasa. Saya memang tidak banyak berinteraksi langsung dengan peserta PYP ini, namun sedikit banyak saya mengenal mereka dari ide-ide dan cara pandang mereka.

Pertama kali saya mulai tertarik dengan peserta PYP ini ketika saya didaulat untuk menyeleksi berkas calon peserta yang masuk. Satu demi satu berkas saya baca dengan seksama dan setiap berkas yang saya baca mengahadirkan decak kagum dalam hati saya, “wah hebat.,wah keren, kok bisa yah dia melihat kasus ini” dan semua kekaguman kekaguman lain yang tidak dapat saya ungkapkan.

Bersama peserta selepas materi Armada Pustaka

Melihat berkas-berkas yang masuk membuat saya bertanya-tanya tentang masa SMA saya waktu lampau, “apa yang saya kerja dulu sewaktu SMA, kenapa saya belum memiliki pemikran dan cara pandang seperi anak-anak ini, kenapa saya belum memiliki solusi-solusi seperti mereka? Seperti itulah saya melihat mereka, ada kekaguman, rasa bangga dan harapan melihat bahwa masih ada kok anak-anak muda yang memikirkan orang lain dan ingin berusaha membantu orang-orang disekitar dengan cara mereka. Indonesia masih punya harapan ditangan anak-anak ini. Itulah yang saya rasakan terhadap mereka.

Akhirnya, waktu untuk bertemu dengan peserta PYP ini tiba. Lagi-lagi saya tidak banyak berinteraksi langsung dengan mereka, namun mata saya tidak lepas dengan anak-anak luar biasa ini. Setiap waktu saya suka mengamati mereka, ketika menerima materi pada saat mereka masuk asrama, waktu outbond maupun pada saat-saat longgar mereka disela-sela kegiatan.

Antusias mereka selalu nampak dalam kegiatan, tidak ada lelah yang ada semangat. Dari sini saya tahu bahwa mereka benar-benar adik-adik yang senang belajar hal baru. Selain itu hal yang paling menonjol dari mereka adalah kemampuan adaptasi mereka yang luar biasa terhadap orang-orang baru dan lingkungan baru, mereka cepat beradaptasi satu sama lain sehingga kondisi kondusif begitu mudah didapatkan dalam kegiatan ini.

Waktu lain saya “melihat” peserta adalah ketika setiap malam panitia mengadakan breafing dan membahas project peserta PYP. Adik-adik ini benar-benar membuat saya berdecak kagum dengan rancangan project yang akan dibuat setelah PYP indoor ini selesai. Sebuah visi yang jelas terhadap masalah disekitar namun ada hal yang membuat saya begitu “tertampar”, yaitu sudah sampai mana saya bergerak untuk membuat sebuah pembaruan untuk lingkungan saya seperti mereka?

Untuk adik-adik Peserta PYP, saya ingin mengucapkan beribu ribu terima kasih pada kalian yang telah mengingatkan saya kembali tentang visi saya, tentang membuat lingkungan saya lebih baik untuk Indonesia kedepan. Terima kasih untuk semangat yang kalian tebarkan, terima kasih karena kalian membuat saya kembali melihat bahwa kita Indonesia masih memiliki harapan ditangan anak-anak mudanya.

Persiapan sebelum outbound

Suatu waktu mungkin kalian akan merasa lelah untuk menjadi lebih baik, itu manusiawi TAPI kalian harus ingat titik awal kalian kenapa kalian memilih jalan ini kalian harus ingat saat hari terakhir dalam lingkaran yang kita buat kita menyanyikan lagu tanah air ku yang membuat haru dalam dada kita. Sebab kita lahir di sini, besar disini, di Indonesia, di bumi ibu pertiwi maka kita punya tanggung jawab terhadap negeri kita Indonesia..!!

Tentang panitia...
Tim keren Positive Youth Project 2016

"Sebab totalias akan mampu mengalahkan kuantitas."

Hal ini yang saya lihat pada 14 orang volunteer PYP. Bayangkan saja dengan jumlah volunteer sesedikit ini mampu menyuseskan acara PYP. Dari publikasi, rancangan acara, konsumsi, kesekertariatan, perlengkapan dan semua semuanya mampu ditangani oleh volunteer ini. Mereka mampu mendatangkan peserta dari daerah Selayar hingga Mamuju hingga mendatangkan pemateri-pamateri yang memiliki jam terbang begitu tinggi.

Tidak pernah saya mendengar ada mengeluh maupun menyahlahkan satu sama lain jika ada tidak berjalan sesuai rencana. Mereka bekerja dengan hati, kerja dengan senyuman dan niat yang tulus. Saya banyak belajar dari mereka. Belajar tentang kerja ikhlas, belajar untuk bertanggung jawab, belajar untuk selalu membarikan yang terbaik. Kalian hebat..!! jangan berhenti disini saja, teruslah berbuat untuk orang banyak, teruslah menjadi pohon yang memilki banyak manfaat untuk orang sekitar. Sebab melalui kalian PYP ini hadir jangan berhenti sampai sini saja.



Salam hangat dari saya yang beruntung bisa bertemu dan bekerja sama dengan kalian. 

*Khaerunnisa, salah seorang tim volunteer Positive Youth Project 2016 

No comments

Powered by Blogger.