Bersama 25 Pahlawan Masa Depan - IndoPositive

Breaking

Thursday, May 5, 2016

Bersama 25 Pahlawan Masa Depan

INDOPOSITIVE.org  3 hari 2 malam lamanya acara Positive Youth Project dilaksanakan. Saya turut berpatisipasi sebagai volunteer dalam kegiatan ini. Saya merasa mendapat banyak pelajaran karena kegiatan ini. Sebelumnya saya belum mengerti apa itu Positive Youth Project. Tapi selama 3 hari itu, saya kemudian mengerti apa tujuan dan mendapat pelajaran serta motivasi untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi orang lain.

Olahraga sebelum memulai kegiatan


Sebanyak 25 adik-adik peserta yang mengikuti acara Positive Youth Project ini, sebelumnya telah melalui tahap seleksi. Adik-adik peserta ini sangatlah antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Pada malam pertama, salah satu kakak yang bertugas sebagai pendamping ketiduran. Saya yang sebenarnya tidak bertugas sebagai pendamping, mendapat kesempatan untuk menggantikannya sementara. 

Pada saat pendampingan itu, saya berhadapan dengan adik-adik peserta yang motivasinya sangat luar biasa. Saya pun merasa minder berhadapan dengan adik-adik peserta, karena saya merasa niat dan keinginan adik-adik peserta yang sangat tinggi melebihi motivasi saya. Saya bahkan merasa sedih dengan diri saya sendiri. Saya pun merasa kurang pantas berada di posisi kakak damping. Saya merasa, saya sendirilah yang seharusnya berada pada posisi adik-adik. Mereka yang diberi pelatihan dan motivasi untuk berkomitmen melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat bagi orang lain.

Peserta kegiatan ini  adalah siswa SMA. Yang mana, mereka di bawah umur saya. Salah seorang pemateri mengatakan, salah satu rumus sukses adalah teori 33%. “33% kita bisa berkomunikasi dengan di atas kita, 33% kita dapat berkomunikasi dengan teman sebaya kita serta 33% sisanya dengan di bawah umur kita atau yang membutuhkan bantuan kita.” Nah dengan perkataan itu 33% di bawah umur kita ini sangatlah tidak mudah untuk menyentuh dan berkomunikasi dengan mereka. Pada saat itu, saya sadar bahwa seharusnya saya sendiri yang harus melakukan sesuatu terlebih dahulu kemudian memberikan contoh dan mendampingi orang lain.

Inilah yang membangun dan menggerakkan hati saya untuk melakukan hal yang bermanfaat, saya harap semoga adik-adik merasa tergerak hatinya untuk berkomitmen melaksanakan projectnya selepas tiga hari itu. Esok harinya kita kedatangan pemateri yang telah mendirikan “Armada Pustaka” yang sudah lama berjalan. Sosok yang telah beraktivitas untuk berbagi kebaikan ke pelosok pulau yang jangkauan pendidikannya kurang. Dengan aktivitasnya ini, dia pun rela meninggalkan istri dan anaknya demi menebarkan kebaikan ini. Ia menyampaikan ketulusannya di depan kami. 

Bersama Kak Ridwan yang telah berbagi pengalaman dengan Armada Pustaka


Bahkan pada saat dia menjelaskan,  dia sempat menangis karena cerita ini. Ditambahkan dengan pertanyaan adik-adik peserta Positive Youth Project yang sangat luar biasa. Ia bernama Muhammad Ridwan Alimuddin. Karena melihat perjuangan Kak Ridwan seperti pahlawan tanpa tanda jasa inilah saya sangat termotivasi untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Saya pun berpikir jika adik-adik saja punya solusi kreatif untuk perubahan, mengapa saya tidak berbuat?

Karena kita tidak hidup sendiri, adapun motivasi yang memberi penguatan untuk saya yaitu pesan bahwa “sebaik-baik manusia ialah manusia yang bermanfaat bagi orang lain”.
Semoga saya bisa melakukan hal-hal demikian. Begitupula dengan adik-adik dengan solusi kreatifnya untuk melakukan perubahan. Karena tujuan acara Positive Youth Project ini memberikan pelatihan yang menjadi modal utama untuk merealisasikan solusinya, bahkan akan didampingi dan dikontrol hingga adik-adik berhasil mewujudkan kegiatannya. 

Dengan kegiatan Positive Youth Project, ini menjadi awal bangkitnya pemuda penerus bangsa Indonesia yang akan memajukan dan mensejahterakan bangsa ini guna menjadikan  bangsa Indonesia tidak terpuruk seperti sekarang ini. Bersama tim volunteer dan peserta PYP yang semangatnya sangat luarvbiasa. Saya tetap yakin Positive Youth Project 2016 akan melahirkan anak bangsa yang cerdas dan bermanfaat bagi bangsanya sendiri. 

Harapan saya semoga acara ini terus berlangsung setiap tahunnya untuk melahirkan anak bangsa yang cerdas. Anak bangsa yang tidak melupakan tanah air Ibu Pertiwinya sendiri. Cintai Indonesia. Positive Youth Project … Hero! Hero! Hero! Andalah yang kelak menjadi pahlawan bagi bangsa!

*Muh.Ahyar Hamka, salah seorang tim volunteer Positive Youth Project 2016