Mengenal Secara Singkat Tentang Kecerdasan Sosial - IndoPositive

Breaking

Sunday, November 22, 2015

Mengenal Secara Singkat Tentang Kecerdasan Sosial

INDOPOSITIVE.org - Self-disclosure, trust dan empathy merupakan kemampuan individu dalam melakukan interaksi sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan-hubungan sosial dinamis yang berkaitan dengan orang perorangan, kelompok perkelompok, maupun perorangan terhadap perkelompok ataupun sebaliknya. Kemampuan individu dalam melakukan interaksi sosial dapat ditingkatkan melalui kecerdasan sosial. Kecerdasan sosial adalah kecerdasan yang digunakan individu untuk berinteraksi dan berhubungan antara individu dengan individu yang lain. Selain itu, kecerdasan sosial merupakan keseluruhan dari kemampuan seseorang yang digunakan untuk berinteraksi atau berhubungan secara efektif dengan orang lain. 

Kecerdasan sosial bermanfaat dalam membentuk iklim sosial yang lebih baik via thesocialworkplace.com

Kecerdasan sosial dapat dikarakteristikkan sebagai sebuah kombinasi dasar dari memahami individu lain. Kecerdasan sosial memiliki manfaat untuk mengembangkan kepercayaan individu terhadap individu lain, membentuk iklim sosial yang baik,  memunculkan kebermaknaan hidup, membantu mengembangkan potensi terbesar seseorang, membantu pemimpin meningkatkan kinerja orang-orang yang dipimpinnya, menolong seseorang untuk   mengatur   emosinya,   mengurangi   konflik,   mereduksi stres, memudahkan mengatur orang lain, memudahkan memengaruhi orang lain dan memudahkan memotivasi orang lain.

Individu yang memiliki kecerdasan sosial akan menggunakan kemampuan kognisi sosial dan tubuh mereka untuk berkomunikasi dengan baik, dan mampu membaca pesan yang disampaikan oleh orang lain. Pada tahun 2001, Silvera, Martinussen dan Dahl melakukan penelitian yang  diterbitkan oleh Scandinavian Journal of Psychology menghasilkan temuan bahwa individu dapat dikatakan memiliki kecerdasan sosial jika memiliki kemampuan dalam memproses informasi sosial, yaitu kemampuan untuk memahami pesan verbal dan non-verbal dalam hubungan antar manusia, berempati dan membaca pesan tersembunyi sebaik membaca pesan yang tersirat. Hal ini semakin diperkuat oleh hasil penelitian yang dilakukan oleh Dong dkk yang menunjukkan secara signifikan bahwa kecerdasan sosial berhubungan dengan sensitivitas dalam berkomunikasi.

Berdasarkan sejumlah penelitian yang telah dilakukan di atas, kita bisa mengambil satu garis besar, bahwa dengan kecerdasan sosial individu mampu untuk survive mengahadapi segala tantangan yang ada baik itu yang datang dari dalam diri indiviu maupun dari luar individu. Pertanyaan selanjutnya, apakah anda sudah  mencoba untuk belajar cerdas secara sosial?


Penulis: Khaerunnisa
Editor: Wawan Kurniawan