4 Manfaat Kesabaran Untuk Hidup Lebih Bahagia

INDOPOSITIVE.org Sabar merupakan sebuah nilai kebaikan. Tidak hanya sepakat dengan konsep tersebut, saya juga percaya bahwa kesabaran merupakan sumber kebahagiaan. Ketika kita berada dalam situasi sabar dan tenang, kita akan menciptakan ruang damai dalam diri sendiri atau sering disebut inner peace. Bagaimana hal itu dapat terjadi? Mari kita mencari tahu dengan menelusuri manfaat dari kesabaran.

ilustrasi


Kesabaran membantu untuk menghindari dan menghilangkan tekanan.

Dalam sebuah artikel yang dimuat dalam Mind Tools dituliskan bahwa ketidaksabaran dapat menimbulkan banyak hal buruk. Membuat kita merasa tertekan baik secara fisik dan mental, hal itu juga dapat mengganggu hubungan kita dengan oranglain ketika ketidaksabaran yang dimiliki individu menunjukkan sifat buruk dan menunjukkan kemampuan pengambilan keputusan yang rendah. Beruntung, Dalam artikel yang sama juga  dijelaskan cara-cara untuk meningkatkan kesabaran, seperti mengidentifikasi dan mengendalikan penyebab ketidaksabaran, mengatur napas, memaksa diri untuk lebih pelan, berlatih seni mendengarkan, dan menghindari sifat perfeksionis.

Kesabaran membantu untuk melakukan hal-hal besar.

Sebuah artikel menarik yang dapat kita kunjungi: The 52 Virtues Project. Tidak menjelaskan konsep spesifik tentang kesabaran, karena terdapat 51 daftar hal-hal berguna yang tergabung dalam karakter baik selain kesabaran, tapi beginilah definisi tentang ksabaran yang penting untuk kita catat:

“kesabaran adalah sebuah harapan yang tenang dan percaya bahwa semua hal akan menjadi baik. Kau akan menunggu tanpa mengeluh, kau akan melakukan hal toleran dan merima kesulitan-kesulitan serta kesalahan. Kau menggambarkan sebuah akhir di awal dan tekun untuk menemukan tujuanmu. Kesabaran adalah sebuah komitmen untuk masa depan”

Hal ini menuntun kita pada manfaat kedua dari kesabaran yaitu: kemampuan untuk melakukan hal-ha besar. Jika kita berhenti melakukan sesuatu, hanya karena sebuah tantangan atau kesalahan, kita tidak akan pernah menyelesaikannya dan meraih tujuan kita. Tapi ketika kita memiliki harapan untuk bekerja dan menyelesaikan hingga meraih tujuan kita, tanpa peduli terhadap apapun, maka kita akan meraih kesuksesan.

Kesabaran membantu memiliki hidup yang memuaskan.

Christina Hibbert, seorang psikolog sekaligus ibu menulis sebuah artikel dalam blog pribadinya mengenai 20 cara untuk melatih kesabaran. Beberapa diantaranya adalah, menghargai kehidupan, menerima sesuatu hal sebagaimana adanya, lepaskan (mis.lepaskan keinginan untuk mengetahui segala hal sekarang, lepaskan keinginan untuk sempurna, lepaskan keinginan untuk mengontrol segala hal), berlaku baiklah pada diri sendiri, kepada orang lain. ketika memperhatikan hal-hal ini, satu hal yang berlaku pasti adalah : menjadi sabar adalah merasa puas dengan kehidupan. Ketika kita memilih untuk tidak menentang kehidupan,  kita menjadi mampu untuk menjalani kehidupan itu sendiri dengan lebih baik, sebagaimana mestinya.

Kesabaran membantu meraih kedamaian/inner peace.

Ketika kita memperhatikan, kedamaian dalam diri bersumber dari meminimalisir tekanan dan memungkinkan untuk menyelesaikan banyak hal dan merasakan kepuasan. Jelasnya, ada banyak cara untuk melihat manfaat dari kesabaran. Hal yang penting adalah, orang sabar adalah orang yang berbahagia.

Penulis: Nurul Fitroh
Editor: Wawan Kurniawan

Ruang belajar Psikologi Positif

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments :

Post a Comment