Ponsel Merusak Kesehatan dan Kebahagiaan Anda! - IndoPositive

Breaking

Wednesday, April 1, 2015

Ponsel Merusak Kesehatan dan Kebahagiaan Anda!

Hampir semua orang kini memiliki ponsel. Dari untuk berkomunikasi, bekerja, bermain game, dan lainnya. Dibalik manfaat positifnya, tersimpan pula beberapa dampak negatif yaitu ternyata ponsel merusak kesehatan dan kebahagiaan seseorang.

Berikut mengapa ponsel merusak kesehatan dan kebahagiaan:
  1. Ponsel dapat merusak tulang belakang karena ketika menggunakan ponsel, seseorang akan menahan beban sebesar 27 hingga 60 pon, padahal saat berdiri tegak, tulang belakang hanya menahan sekitar 10 hingga 12 pon saja. Dalam penelitian terbaru dari National Library of Medicinemenyebutkan bahwa saat chatting, membaca, atau bermain menggunakan ponsel akan membuat tulang punggung menjadi tegang.
  2. Ponsel dapat menyebabkan sakit. Secara tidak sadar, terdapat banyak kuman di ponsel karena seringnya tangan-tangan manusia yang memegang ponsel di mana saja dan kapan saja. Hasil dari sebuah penelitian menyatakan bahwa ponsel lebih banyak membawa kuman daripada dudukan toilet.
  3. Kerusakan pendengaran karena earphone . Seringnya menggunakan earphone melalui ponsel apalagi dengan volume yang besar dapat membuat kerusakaan gendang telinga.
  4. Penggunaan ponsel saat berkendara sangat dilarang, namun pada kenyataannya banyak sekali masyarakat yang melanggar.  Menggunakan ponsel saat berkendara dapat mengganggu keseimbangan serta konsentrasi.
  5. Walaupun dengan chatting atau SMS dapat melancarkan komunikasi dengan seseorang, namun jauh lebih baik ketika berkomunikasi secara langsung karena dapat lebih mempererat hubungan. Dan penelitian  dari Brigham Young University menyebut bahwa menerima SMS atau pesan chatting yang berisi permintaan maaf atau obrolan tentang masalah yang dialami dapat menurunkan kualitas hubungan pada perempuan.
  6. Ponsel yang ditaruh di dekat tubuh ketika tidur sangat berbahaya untuk kesehatan karena sinyal yang dihasilkannya. Contohnya seperti cahaya biru yang terpancar dari ponsel akan menggangu kinerja hormon melatonin yang menyebabkan tidur menjadi tidak nyenyak.
Mulai sekarang, batasi penggunaan ponsel karena ponsel merusak kesehatan dan kebahagiaan anda. 

(Sumber: liputan 6.com)