Header Ads

Faktanya, Orang Lebih Bahagia di Usia 70 Tahun

Lebih dari 30 persen manula di Inggris merasa lebih bahagia ketika menginjak usia 70 tahun.

Faktanya, Orang Lebih Bahagia di Usia 70 TahunPenelitian menemukan bahwa 36 persen manula lebih bahagia ketika menginjak usia 70 tahun. (Alamy)

Dari berbagai survei membuktikan usia paling bahagia adalah ketika seseorang 70 tahun. Mengapa? Saat menginjak usia itulah kita baru saja ‘lepas’ dari pekerjaan dan mulai menikmati hidup tanpa beban.


Para manula di Inggris mengatakan bahwa kunci dari kebahagiaan mereka mudah saja. Teman yang baik, kesehatan, dan dapat bebas berbelanja sesukanya.



Sebuah studi pada perkumpulan manula Oddfellows, satu dari tiga manula yang berusia di atas 70 tahun mengatakan mereka lebih bahagia dibandingkan ketika berusia 50  tahun atau 60 tahun.



Penelitian mengungkapan bahwa tiga alasan utama kebahagiaan mereka ialah datangnya masa pensiun dan dapat bersosialisasi dengan baik. Tak hanya itu saja, ketika para manula menikmati masa tuanya dengan tubuh sehat dapat menambah kebahagiaannya. 

Sebanyak 36 persen manula berusia 71 tahun hingga 80 tahun mengatakan lebih banyak tersenyum ketika menginjak usia 70 tahun. Hanya sembilan persen manula sebaya yang merasakan tidak bahagia di usia 70 tahun.



Jane Nelson mengatakan, “Penelitian kami dapat menunjukkan bahwa kehidupan yang lebih baik bisa diperoleh pula di masa tua. Kuncinya adalah berpikir positif dan menikmati waktu yang ada.”



Menurut Nelson, penelitiannya pun dapat memberi gambaran kehidupan di masa tua dapat berjalan dengan baik ketika dinikmati dan menjauhi kebosanan.



Profesor Tarani Chandola dari Manchester University mengatakan bahwa pekerjaan, tingkat stres, pertemanan dan kebahagiaan dapat memengaruhi kehidupan di masa tua.


*(Elisabeth Novina. Sumber: Daily Mail)

No comments

Powered by Blogger.