Header Ads

Hubungan Percaya Diri dan Dianggap Pandai

/Ilustrasi, Shutterstock

Para peneliti dari Newcastle University dan Unviersity of Exeter menemukan bahwa mahasiswa yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi dapat “memanipulasi” penilaian orang lain hingga membuatnya terlihat sebagai sosok yang cerdas dan berbakat.

Lewat proses penelitian, ditemukan bahwa mahasiswa yang hobi pamer dengan mengatakan nilai mereka baik tapi kenyataannya rendah, bisa membuat orang-orang melihatnya seperti benar-benar berbakat. Sebaliknya, mahasiswa yang cenderung rendah hati, dan tidak mau banyak pamer, malah seringkali dinilai kurang cerdas dan tidak menonjol.

Jadi, menipu diri sendiri dan orang lain bisa dilakukan secara bersamaan, ungkap Shakti Lamba dan Viviek Nityananda. Kedua peneliti ini mempublikasikan hasil studi pada PLOS ONE.

Penelitian ini menggabungkan ilmu psikologi dan antropologi. Maka dari itu, terciptalah kesimpulan bahwa sifat percaya diri ternyata mampu membiaskan pendapat orang. Hubungan antara percaya diri dan dianggap pandai ternyata ada. Ini tidak terpaku pada satu jender tertentu saja. Sebab, pria dan wanita yang memiliki rasa percaya diri ekstra, maka dipastikan bisa membuat orang lain beranggapan bahwa mereka memang benar-benar memiliki intelegensia yang mumpuni.

Sumber: Kompas.com

No comments

Powered by Blogger.