Header Ads

Pembangunan "Rumah Literasi"

gambar sampul
Rumah Literasi sebagai wadah bagi anak-anak, pemuda, untuk belajar dan meningkatkan minat literasi di Kelurahan Labessi, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.
"UNESCO pada tahun 2012 melaporkan bahwa indeks minat baca warga Indonesia baru mencapai angka 0,001. Artinya dalam setiap 1.000 orang Indonesia, hanya ada satu orang yang memiliki minat baca"

Setelah melaksanakan sebuah kegiatan yang bernama "Kampanye Literasi" yang dilaksankan dalam rangka memperingati hari Buku Nasional 17 Mei di beberapa sekolah di Kabupaten Soppeng, kami menyadari bahwa minat untuk membaca dan menulis memang masih sangat rendah. Hal tersebut akan menjadi tantangan kita bersama untuk menjawab dan memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.

14085031550_0f9d89d102.jpg

Berdasarkan kegiatan "Kampanye Literasi" salah satu faktor yang menjadikan minat baca siswa rendah adalah tidak adanya fasilitas yang memadai untuk meningkatkan minat membaca dan menulis. Perpustakaan yang ada di sekolah minim dengan buku-buku, ajakan untuk membaca pun kurang sehingga tidak menimbulkan motivasi bagi siswa untuk belajar mencintai buku. Di daerah tersebut juga tidak terdapat ruang baca yang menyenangkan. Butuh sebuah lingkungan yang kondusif untuk mengembangkan minat baca dari siswa.

14268312091_74db877f57.jpg
Rumah Literasi akan berada di Kelurahan Labessi, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. Kegiatan yang kami lakukan yakni bimbingan belajar bagi anak-anak, pelatihan karakter bagi anak-anak dan pemuda serta diskusi dengan tema psikologi dan pendidikan.

Penjelasan Kegiatan Kami:
1. Kelas berbagi, konsep ini kami akan mengundang dan mengajak pemuda baik SMP atau SMA yang siap berbagi untuk adik-adik di Rumah Literasi dengan materi apa saja. Kegiatan ini dilaksanakan sekali sebulan.


2. Kelas Menulis dan Membaca, kami akan menghadirkan pemateri yang memang ahli dalam hal tulis menulis untuk berbagi motivasi dan kiat-kiat menulis untuk pengunjung Rumah Literasi.Hasil tulisan akan diposting di web yang akan kami buat khusus untuk Rumah Literasi. Kegiatan yang didapatkan di rumah literasi akan ditulis sebagai bentuk memberi kabar melalui web yang akan kami buat. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dua kali sebulan.

3. Kelas Karakter, kami akan menghadirkan kawan-kawan dari Indonesian Positive Movement untuk memberikan informasi dan materi terkait pengembangan diri dan optimalisasi diri dengan konsep aplikasi psikologi positif. Kegiatan ini dilaksanakan sekali sebulan.

4. Kelas Bahasa, kami akan mengajarkan bahasa asing pada pengunjung atau anak-anak yang tergabung dalam Rumah Literasi, yakni Bahasa Inggris, Arab, Jerman, Jepang, dan Perancis. Adapun tenaga pengajar akan kami datangkan dari pemuda atau orang yang belajar bahasa tersebut. Kegiatan ini sekali sebulan.

5. Diskusi Film, kami akan mengadakan nonton bareng dengan film yang bermutu dan mendidik. Setelahnya kita diskusi dan belajar dari film tersebut. Kegiatan ini dilakukan setiap akhir bulan.


Setelah berbincang dengan salah satu tokoh Masyarakat di daerah tersebut, maka kami mendapatkan lokasi yang siap untuk dijadikan sebagai Rumah Literasi. Lokasi tersebut nantinya akan kami gunakan untuk melaksanakan kegiatan rutin setiap bulan dan diupayakan dapat meningkatkan budaya literasi di lokasi tersebut. Pembangunan rumah literasi direncanakan pada bulan Juli namun tahap persiapan, seperti pengumpulan donatur mulai diselenggarakan bulan ini.

Bagi yang berminat untuk bergabung dalam pembangunan rumah literasi, silakan klik link "Hadiah Untuk Para Donatur"

2 comments:

Powered by Blogger.