6 Cara Terbebas dari Rasa Cemas - IndoPositive
Latest Update

Tuesday, May 13, 2014

6 Cara Terbebas dari Rasa Cemas

Sulit untuk dipungkiri bahwa setiap dari kita selalu dihantui oleh banyak hal di dalam hidup. Kecemasan adalah hasil dari ketidakmampuan kita atau mungkin kekeliruan kita dalam melihat apa yang terjadi. Dalam psikologi, kecemasan menjadi salah satu kajian atau masalah yang dari waktu ke waktu akan diperbincangkan. 


Telah dilakukan banyak penelitian untuk mengetahui terkait tentang kecemasan. Kami merangkum beberapa temuan atau hasil yang ada dalam beberapa terapi untuk menjelaskan cara untuk terbebas dari rasa cemas. Tentu saja ini bukan jaminan, tapi patut dicoba untuk menghadapi cemas yang kadang datang dan pergi.

Lihat juga: 9 ciri umum depresi berdasarkan DSM V

Berikut 6 cara untuk membebaskan diri dari rasa cemas.


Faktanya, semakin Anda cemas, semakin rasa takut akan muncul. Di bawah ini adalah 6 cara untuk membebaskan diri dari rasa cemas.

1. Alihkan perhatian. Pertama dan yang terpenting, Anda harus mengalihkan perhatian dari masalah sedang Anda hadapi. Terdengar lebih mudah ketimbang dilakukan, bukan? Yang harus Anda lakukan adalah melakukan sesuatu yang Anda sukai. Menonton televisi, bernyanyi, melukis, atau apapun yang membuat Anda merasa bahagia.


2. Hadapi masalah. Lebih baik bagi Anda untuk menghadapi masalah ketimbang menghindarinya. Mencoba menghadapi masalah memberikan Anda wawasan dan ide-ide kreatif tentang apa yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki situasi, atau untuk menghindari situasi yang tidak menyenangkan.


3. Siapkan rencana. Jika Anda mengetahui masalahnya, Anda pasti dapat mengetahui apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Jadi, menyiapkan rencana untuk membuat langkah-langkah penting dapat membuat Anda merasa lebih baik. Kecemasan pun akan menghilang. Dengan menyiapkan rencana apa yang harus dilakukan, Anda akan fokus pada langkah-langkah nyata yang harus dilakukan untuk mencapai hal tersebut dan berhasil berhenti mengkhawatirkan hal yang tidak perlu. 

Lihat juga: 4 hal utama yang menyebabkan munculnya stres


4. Menulis.  Cara lain untuk berhenti cemas adalah dengan menuliskan panjang lebar tentang masalah yang membuat Anda cemas. Dengan menulis, piliran Anda dapat terbuka, bahkan menemukan solusi yang tidak bisa Anda temukan dengan terus-terusan merasa cemas. Menuliskan masalah membantu Anda menemukan cara inovatif untuk memperbaiki situasi secara drastis.


5. Mintalah bantuan. Tak peduli bagaimana masalahnya, Anda selalu dapat meminta bantuan dari keluarga dan teman. Bahkan, kadang orang asing pun bisa sangat membantu. Jangan pernah merasa malu atau keberatan dalam meminta bantuan, karena orang sebenarnya lebih bahagia untuk membantu orang lain.


6. Tenangkan pikiran. Terakhir, ambilah nafas yang dalam dan tenangkan pikiran. Kadang, mencemaskan sesuatu dapat berdampak buruk pada tubuh dan kesehatan. Jadi, berikanlah tubuh Anda istirahat dengan cukup berbaring sementara waktu atau pergilah untuk pijat. Dengan menenangkan tubuh, pikiran Anda pun juga ikut tenang. Hal ini pada dapat membantu Anda untuk melihat sesuatu dari perspektif berbeda, dan tak jarang juga yang kemudian berujung pada solusi.

Lihat juga: 4 hal yang terjadi saat otak kita stres

Anda harus ingat bahwa mencemaskan sesuatu tidak akan membuat Anda keluar dari masalah. Tapi mencoba mengatasinya dan mengambil langkah-langkah untuk benar-benar melakukan sesuatu untuk mengatasinya akan mengubah hidup Anda secara positif. Jadi, ikuti tips tersebut dan Anda akan terbebas dari rasa cemas.



EmoticonEmoticon